KAYANGAN si DEWA

26 Jan 2007

Pentingnya komunikasi

Makhluk hidup di dunia ini berkomunikasi. Masing2 spesies berkomunikasi dengan caranya sendiri2. Semut berkomunikasi dengan cara kimiawi dan sungut2/antenanya. Serangga dan mamalia memakai cara kimiawi juga, tapi baunya beda2. Manusia juga berkomunikasi.

Manusia berkomunikasi, ternyata, tidak hanya dari ucapan tapi banyak faktor lainnya. Misalkan, bahasa tubuh. Apa yg anda pikirkan ketika ada orang yang senyum manis ke anda? anda senyum balik mungkin.. tapi apa jadinya ketika orang itu senyum manis tapi sambil megang golok dan diangkat tinggi2 kyk pengen nebas.. beuh.. serem kan. Ya ngga se-ekstrem itu sih. Banyak buku yang bercerita soal bahasa tubuh, misalnya yg ditulis sama si Deddy "mentalist" Corbuzier di bukunya, "Mantra". Bahasa tubuh berperan lebih dari 60% dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Faktor lain adalah nada bicara. Bagaimana perasaan anda ketika orang meminta maaf dengan suara lembut dibandingkan dengan suara teriak2.. (hehe.. kasih contohnya yg ekstreem terus nih) Coba perhatikan saja bagaimana perasaan anda ketika orang berbicara dengan anda dengan macam2 nada bicara.

Yang paling penting adalah berkomunikasilah utk memecahkan masalah. Beberapa kenalan si dewa103 memiliki konflik dan ternyata setelah dikomunikasikan satu dengan lainnya konflik bisa terselesaikan... Mungkin hanya di permukaan saja, tapi bagus deh buat permulaan.

No comments: