KAYANGAN si DEWA

29 Dec 2006

Menanam Kebiasaan baru

Seberapa sering kita berusaha untuk menghilangkan kebiasaan jelek tetapi berakhir sia-sia. Kebiasaan memang susah dihilangkan, tetapi apakah hal itu tidak mungkin terjadi. Memang Sulit tetapi mungkin.

Terkadang lebih mudah merubah dari dalam dibanding dari luar. Sering kali faktor luar hanya menjadi stimulan sementara, tidak merubah secara kontinyu. Ada sebuah metode yang ampuh untuk memanfaatkan stimulan dari luar agar bisa bertahan lebih lama dan membentuk sebuah kebiasaan atau sikap baru.

Metode yang digunakan cukup sederhana, hanya dengan menggunakan handphone (hp). Di layar Hp biasanya ada sebaris kata untuk memperlihatkan profile handphone sebelum screen saver keluar. Nah.. satu baris inilah yang dipakai untuk membentuk kebiasaan baru. Coba saja ganti nama profile dengan kata yang menggambarkan sebuah kebiasaan baru yg ingin ditanamkan ke diri. Misalkan, nama profile ganti dengan kata "Demi Masa". Secara tidak sadar setiap melihat layar hp, ada kata itu yang muncul dan lama kelamaan tertanam di pikiran bawah sadar kita.

Alam bawah sadar kita secara otomatis segera menanamkan ke syaraf-syaraf sadar untuk berbuat seperti yang ditanamkan. Misalkan dengan kata atau frase "Demi Masa", alam bawah sadar seakan mengatakan bahwa waktu sangat berharga dan sungguh sia-sia jika digunakan untk hal yang tidak berguna.

Frase "Demi masa" telah ku pergunakan dari beberapa tahun yg lalu dan hasilnya cukup bermanfaat. Kegiatan bertambah dan peluang usaha makin banyak. Sebuah kata lain yang sedang ku gunakan adalah "persisten". Yah.. semoga saja bisa menjadi sebuah kebiasaan baru yang bertahan lama.

Ingin mencoba? silahkan..

No comments: