KAYANGAN si DEWA

21 Dec 2006

Blog tetangga. kun.co.ro

Haduh haduh.. di webblognya pak koen ada teka-teki yang bikin kriting otak yang emang udah kriting. Webblog satu ini adalah kepunyaan mbahnya blog dari Indonesia, beliau juga ngisi acara Blog Fun Day di Sabuga.
Berikut kutipan permainan angka dari blognya pak koen

Srinivasa Aayengar Ramanujan (bukan tokoh fiktif) adalah matematikawan cemerlang dari negeri India. Ia dibawa ke Cambridge oleh G.H. Hardy untuk meneruskan pendidikan di sana. Ramanujan tetap bergaya pertapa Brahmin: memperbanyak merenung, mengasyiki hobi, mengurangi makan dan tidur – di negeri dengan cuaca yang tak ramah. Maka ia jatuh sakit, dan harus dirawat.

Suatu hari Hardy mengunjunginya. Hardy pun tak kalah eksentriknya: ia menganggap topik yang menarik hanyalah matematika. Maka ia pun tak mudah menemukan topic pembicaraan dengan orang sakit. Alih-alih, ia mulai bicara lagi tentang angka. “Aku naik taksi tadi. Nomor mobilnya 1729. Bukan angka asyik ya?”

Sebaliknya, Ramanujan justru tertarik. “Sama sekali tidak, Hardy. 1729 adalah angka terkecil yang bisa merupakan jumlah dari dua bilangan kubik dari dua kombinasi bilangan kubik yang berbeda!” OK, buat kita yang bukan matematikawan, 1729 adalah 1000 + 729 sekaligus 1728 + 1.

Wueleh-wuelah.. klo salah seorang temanku liat cerita ini, bisa ikutan bikin teka-teki tuh. Yah biasalah lulusan matematik.. mainnya sama angka terus. Klo astronomi beda, mainnya menghayal terus.

No comments: