KAYANGAN si DEWA

20 Nov 2006

Ketekunan

Tidak cukup ide yang hebat, inovatif, kreatif,dll. Terkadang ide yang simple a.k.a sederhana akan jadi lebih hebat jika dilakukan berkelanjutan. Saya belum pandai menulis, tetapi seperti yang dituliskan oleh pak B.Rahardjo di blognya, asal tekun dan persisten nantinya juga bisa.

Banyak pelajaran dan renungan yang dapat saya ambil dari tulisannya pak B.Rahadjo. Begitu banyak ide yang saya buat tetapi nyaris tidak ada yang berhasil saya kerjakan hingga akhir. Sepertinya salah satu faktor yang menyebabkan adalah ketekunan, salah duanya kebutuhan.

Project-project independen yang dikerjakan sering kali membutuhkan investasi waktu yang tidak sedikit, sering kali hal ini berbenturan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu. Misalkan, saya membuat sebuah project buku dengan konsep yang sudah didiskusikan dan rencana sudah setengah jalan.. tiba-tiba tuntutan kuliah memanggil, ditambah lagi dengan masalah finansial yang harus segera diatasi. Mau apa buat boleh, project ditunda karena kebutuhan yang lebih mendesak. Jadi solusi yang terbaik saat ini adalah memilih project yang dapat memenuhi kebutuhan seiring berjalannya.

1 comment:

Yuti Ariani said...

Hipi jadi yang pertama. Iya Wa, harus rajin nulis, nanti kalau udah jadi penulis beken kan lumayan.

Yang penting tekun, lagian setau gw, di astro emang banyak bikin paper kan, jadi secara teori, ketrampilan udah ada.